Rabu, 27 Agustus 2014

PATI 2014

Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi 2014


 بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Assalamuallaikum Wr.Wb
hai, halo ha... semua di postingan kali ini saya akan membahas tentang pelatihan aplikasi teknologi informasi atau yang biasa di singkat PATI yang di adaka di Universitas Muhammadiyah Malang berikut tips dan triknya. jika kalian masuk kuliah di UMM kalian wajib mengikuti PATI ini sobat jika pun tidak bisa tahun sekarang bisa mengikuti tahun mendatang. setelah mengikuti PATI kalian akan memperoleh sertifikat. 
ok,, yang pertama yang paling mendasar yang perlu di ketahui yaitu tentang tujuan tujuan PATI ini utamanya adalah membekali calon mahasiswa dengan materi-materi yang mungkin tidak di ajarkan waktu di SMA seperti, Search Engine, blog, e-mail, google drive, 4shared, hosting, browsing, dll. nantinya sehingga cukup mahir mengunakan teknolgi informasi. beberapa materinya mencakup penunjang perkuliahan yang berbasis internet sehingga mahasiswa lebih mudah dalam mengikuti kuliah dengan kemampuan mengakses sumber-sumber informasi terkait dengan perkuliahan. seperti, e-learning, KHS, KRS, Mail UMM, Blog UMM, Hotspot UMM, Digital library, dll.
kalian juga akan memperoleh modul PATI.
Berikut saya akan memberikan tips dan trik untuk PATI:

  1. Sebelum memulai PATI sebelumnya pelajari modul yang  telah di berikan sehingga kita mempunyai gambaran tentang materi yang akan di berikan oleh Instruktur. dan kita juga akan lebih fokus untuk memperhati kan materi yang di praktek kan dan tidak melulu membaca buku. biasanya instruktur akan cepat mempraktekan dan karena pelatihan ini juga merupakan sistem kelompok learning yang membutuh kan kemandirian mempraktekan di komputer sendiri agar lebih paham dan fasih.
  2. setelah PATI selesai akan disuruh mengerjakan evaluasi segera lah pelajari materi dan kerjakan evaluasinya biasanya dalam mengerjakan evaluasi sering terjadi eror. ibarat antrian usahakan mengerjakan di warner atau kalau di modem yang mempunyai jaringan yang stabil. dan kalau pun masih sering eror kerjakan lah di waktu-waktu tidak banyak orang lain yang membuka situs yang sama. saya biasanya mengerjakan dini hari atau sebelum/sesudah sholat subuh dimana teman-teman yang lain pada tidur sehingga lancar. hehe..
  3. seperti saran instruktur di saran kan untuk belajar dengan teman/kelompok sehingga ada sharing imformasi nantinya dan akan mempermudah kita terutama dalam mengerjakan evaluasi yang hanya di sediakan waktu 50 menit 51 soal. dan evaluasi ini biasanya ada beberapa soal sulit di tebak jawaban nya hampir sama  nyerempet-nyerempet.
  4. lebih baik siapkan tulisan postingan jauh-jauh hari sebelum pertemuan ketiga yang mana akan disuruh untuk membuat postingan yang akan cukup melelahkan jika deadline mepet seperti pengalaman saya menulis tugas 5 postingan ku ini karena tidak boleh menjiplak dari sumber lain dan harus hasil pemikiran sendiri. biasanya untuk tugas postingan nya dapat di lihat di modul tapi mungkin berbeda sedikit untuk tahun berikut nya setelah saya.
  5. datanglah ke PATI sebelum jadwal yang telah ditentukan. Mengapa? Agar kalian bisa denger segala sesuatu yang diucap sama pembimbingnya dari mulai masuk sampai pulang, usahakan catatlah apa yang di sampaikan instruktur biasanya apa saja yang di jelaskan akan muncul di evaluasi.
  6. kartu tanda mahasiswa, kartu tanda peserta PATI, serta buku panduan PATI jangan sampai lupa untuk dibawa. Penting banget nih benda-benda ini, kenapa? Kartu tanda mahasiswa itu buat absensi, kartu tanda peserta PATI buat tanda tangan cek instruktur dan reporting lainnya seperti nilai evaluasi, alamat email dan blog.
demikian ulasan singkat yang bisa saya utarakan mengenai Pelatihan aplikasi teknologi informasi UMM. Tunggu postingan saya selanjuntnya ya, terima kasih atas kunjungan nya...:-)
Wassalamuallaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar